KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BUAH MARKISAH

Buah Markisah - Ada yang sudah pernah dengan dengan nama buah yang satu ini..!! Buah Markisah namanya, Buah yang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita ini ternyata tidak mahal dan mudah cara perawatan pohonnya kalau mau menanamnya. buah markisah memiliki pohon yang merambat seperti pohon anggur dan buahnya bulat seperti buah jeruk. buah ini banyak terdapat di pedesaan dan harganya pun relatif terjangkau.

Buah Markisah sering dibuat sebagai jus atau sering dicampurkan pada minuman-minuman buah lainnya agar rasa minuman semakin menarik. Beberapa kandungan di buah markisah ini sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh dan membantu tubuh untuk melawan berbagai macam jenis penyakit, termasuk kanker.


Kandungan Buah Markisah


Banyak sekali manfaat buah markisah bagi kesehatan. Ini terkait dengan kandungan nutrisinya dan manfaat buah markisah yang berkhasiat seperti kandungan fitokimia yang mampu membunuh sel kanker.  Berikut beberapa khasiat markisah bagi tubuh:


  1. Menangkal kanker
  2. Mengatasi insomnia
  3. Mengatasi batuk
  4. Anti alergi
  5. Menenangkan anak hiperaktif
  6. Melancarkan ASI
  7. Menjaga kecantikan wajah
  8. Menurunkan kolesterol
  9. Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan
  10. Melancarkan peredaran darah
  11. Anti peradangan
  12. Penurun panas (anti piretik)
  13. Mencegah hipertensi
  14. Penghilang nyeri (analgesik)
  15. Antiseptik
  16. Penghilang kerut pada wajah


Manfaat Buah Markisah Bagi Kesehatan Tubuh


Buah Markisah Kaya akan Serat
Buah markisah memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, saluran pencernaan dan usus menjadi bersih. Anda dapat memilih buah markisah sebagai salah satu sumber serat. Biji dari buah ini pun bisa dimakan karena mengandung serat. Buah markisah juga bisa dijadikan pencahar ringan.

Buah Markisah Kaya Antioksidan
Warna-warna kulit buah yang ungu serta warna daging yang berwarna oranye, menunjukkan bahwa buah ini kaya akan antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisah memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah ini adalah beta-karoten.

Buah Markisah Sangat Baik bagi Penderita Asma
Bagi Anda penderita asma, markisah adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, Markisah tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Buah Markisah Memiliki Efek Relaksasi
Minum segelas jus markisah dingin dapat membantu anda mengendurkan saraf dan pikiran anda dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang. Buahh ini sering dijadikan obat untuk masalah pencernaan dan penyakit lambung.

Buah Markisah Sangat Baik bagi Penderita Insomia
Buah Markisah memiliki efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan tenang dan membantu anda dalam merilekskan pirikan anda. Hal ini sangat membantu penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur nyenyak. Segelas jus markisah sebelum tidur bisa mungkin bisa anda minum sebelum tidur.

Buah Markisah adalah Sumber Nutrisi yang Baik
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, buah markisah adalah sumber vitamin C yang baik, Satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. Satu porsi 100 g buah markisah mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat bersinar dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisah juga merupakan sumber kalium (348 mg dalam 100 g). Mineral ini memiliki efek yang menyehatkan pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisah juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.

Buah Markisah baik untuk Diet
Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisah sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan markisah memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisah juga rendah sodium dan lemak. Markisah juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang, sehingga Anda tidak ingin makan makanan lain lagi.



ads

TAGS: