Pakan Burung Alami Tetap di Cari

Pakan Burung Alami Tetap di Cari - Pakan untuk burung merupakan salah satu alternatif untuk mempercantik suara burung dan menjaga kesehatan burung. karena pakan adalah salah satu sumber vitamin untuk kekebalan burung, selain dari pakan bisa juga di tambahkan vitamin vitamin tambahan. pakan burung alami tetap di cari oleh para penghobi burung kicau, karena pakan alami ini memiliki khasiat tersendiri agar suara burung menjadi bagus. karena burung burung yang di perjual belikan di pasaran sana merupakan burung tangkapan dari alam liar. sedangkan sebagian kecil dari hasil penangkaran. jadi burung peliharaan sangat tergantung dari manusia. dari makanan dan lingkungannya manusia harus mengetahuinya. jika perawatan sang burung asal-asalan dan tak mengindahkan kebiasaan makanan alami, resikonnya burung peliharaan anda akan sakit dan malah akan mati mendadak.


Makanan burung alami merupakan makanan yang sehat dan membatu keseimbangan pertumbuhan burung dan daya tahan tubuh. burung biasanya dipelihara karena kicauanya, bulunnya maupaun warnannya ada beberapa jenis burung yang bisa mengalami penurunan kualitas jika diberi makanan yang salah.

Pakan Burung Alami Tetap di Cari

Beberapa makanan burung  yang alami baik dari sumber hewan maupun dari  sumber tumbuh tumbuhan antara lain : 
  • Ulat
    Ulat mengandung protein yang tinggi, terutama untuk jenis ulat bambu, ulat sagu. di pasaran ada beberapa macam ulat yang bisa diberikan makanan burung antara lain ulat pisang, yaitu ulat yang terdapat di kotoran ayam, ulat bambu dan ulat hongkong.
  • Daging
    Pemberian daging untuk burung predator harus rutin setiap hari. karena burung ini hanya mau makan daging segar saja, makanan jenis lainnya tak mau. seperti burung elang dan burung hantu.
  • Serangga
    Serangga merupakan makanan utama untuk burung kicau, di alam liar bebas jenis burung kicauan atau anggota family turdidae, merupakan pemakan serangga misalnya lalat, belalang dan jangkrik, kroto juga banyak.
  • Cacing Segar
    Cacing merupakan salah satu makanan burung, di alam liar. ada beberapa cacing yang bisa digunakan sebagai makanan yaitu cacing tanah dan cacing yang di daerah pematang sawah.
  • Buah
    Buah buahan selain pisang yang kerap di jadikan pakanan burung adalah peapaya, timun, apel dan jambu air. karena buah buahan ini relatif lebih aman daripada kebanyakan diberi maknan voer. selain itu buah ini berkhasiat melancarka organ pencernaan burung.
  • Biji Bijian
    Bijian adalah sumber makanan alami yang banyak disukai burung tertentu. pakan biji bijian antara lain bunga matahari, jawawut.
  • Pisang Kepok
    Pisang kepok menjadi alternatif makan burung kicau selain serangga, pisang mengandung nutrisi tinggi dan  bisa diberikan secara berkala ketika harga kroto atau vour sedang mahal.
  • Sayuran
    Sayuran merupakan makan alternatif setelah serangga selingan bagi burung, sayuran yang banyak dipilih penggemar burung antara lain adalah selada.

Tips Menjinakkan Burung dari Pakan

Burung bisa kita jinakkan dengan menggunakan tambahan makanan yang bisa merangsang burung agar jinak. beberapa langkah untuk menjinakkan burung yang saya dapat dari blog teman teman yang telah membahas tentang ini:
Letakkan burung di tempat yang ramai lalulintas orang (bukan kendaraan)
Usahakan dalam pemberian pakan (EF jangkrik) langsung menggunakan tanggan tapi kalo belum mau ya pake lidi
Sering seringlah memandikan burung
Tutupi kandang burung dengan krodong 
Demikianlah ulasan tentang pakan alami untuk burung kicau, mudah mudahan bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan anda. 



ads

TAGS: