KANDUNGAN GIZI TELUR AYAM KAMPUNG





Kandungan gizi telur ayam kampung : telur adalah makanan favorit saya, segala macam masakan telur saya menyukainya, mulai dari telur goreng dadar, telur ceplok, telur godok, telur goreng bulat dan telur sayur. saya setiap minggunya pasti mengkonsumsi telur, tetapi telur yang paling favorit adalah telur ceplok goreng, agak2 masih setengah matang gitu deh., apalagi telur bebek.., luar biasa nikmatnya.. selain kenikmatan yang ada pada telur, gizi yang terkandung juga sangat banyak sekali. beberapa gizi yang terkandung di dalam telur yang saya ambil dari blogger kawan.,

KANDUNGAN GIZI TELUR AYAM KAMPUNG

Nama Bahan Makanan : Telur Ayam Kampung
Nama Lain / Alternatif : Telur Ayam Lokal / Telur Ayam Buras
Banyaknya Telur Ayam Kampung yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Telur Ayam Kampung yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 87 %
Jumlah Kandungan Energi Telur Ayam Kampung = 196 kkal
Jumlah Kandungan Protein Telur Ayam Kampung = 13 gr
Jumlah Kandungan Lemak Telur Ayam Kampung = 15,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Telur Ayam Kampung = 0,8 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Telur Ayam Kampung = 67 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Telur Ayam Kampung = 334 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Telur Ayam Kampung = 3,3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Telur Ayam Kampung = 213 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Telur Ayam Kampung = 0,31 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Telur Ayam Kampung = 0 mg
Khasiat / Manfaat Telur Ayam Kampung : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : T
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Mitos-mitos seputar telur ayam kampung :

Mitos yang telah lama beredar di masyarakat bahwa jika makan telur ayam, berarti sama saja dengan makan kolesterol dalam jumlah banyak. Akibatnya, kandungan kolesterol di dalam darah akan meningkat dan menyebabkan penyakit jantung koroner.
Menururt ahli naturopati, Dokter Riani S. Budiharsana, N.M.D. “Mitos itu salah karena sesungguhnya telur ayam tidak mengandung kolesterol, melainkan mengandung protein dan lecithin yang tinggi, asalkan cara makannya dilakukan dengan benar,” katanya dalam sebuah kesempatan, baru-baru ini. Makan telur yang baik adalah dengan cara direbus setengah matang atau dimakan mentah. “Kuning telur mengandung satu zat yang disebut lecithin sejenis vitamin suplemen yang kalau dimakan justru bisa menurunkan kolesterol. Kuning telur full lecithin, tetapi yang perlu diperhatikan adalah cara masaknya,” tambahnya.
Telur kalau dimakan mentah, atau dimasak setengah matang, atau direbus, tidak akan menimbulkan kolesterol. “Jangan dimasak dengan panas yang tinggi, semisal digoreng, karena lecithinnya hilang dan berubah menjadi kolesterol,” kata Riani, ibu dua anak asal Bandung yang kini tinggal di Jakarta. la adalah dokter ahli naturopati, sebuah ilmu kedokteran yang melakukan pengobatan secara natural, menghindari obat-obatan kimiawi. Ilmu ini baru berkembang beberapa tahun terakhir di Indonesia.
Jadi, menurut Riani, tidak benar kalau seseorang dilarang makan telur, tetapi ia tetap makan makanan lain seperti roti, donat, dan makanan olahan lainnya karena kandungan kolesterolnya di dalam darah tidak akan turun. la menganjurkan agar makan telur 2 butir sehari dengan cara masak yang betul karena baik untuk kesehatan, termasuk bisa menunda pikun sampai 6 tahun.

Ada alasan mengapa saya suka dan sering mengkonsumsi telur, setelah saya baca di ahli herbal  dot com saya ada lima manfaat yang di terangkan diantaranya :




sumber : http://jekethek.blogspot.com