CARA BUDIDAYA BERBAGAI JENIS IKAN CUPANG

Ikan Cupang adalah ikan hias yang sangat indah dan mudah perawatannya, jika ingin memelihara ikan jenis ini yang jantan ini tidak bisa di campur jadi satu tempat karena bisa tarung dengan yang lainya. ikan ini sangat galak dengan sesema jenis peantanya, cupang merupakan ikan hias berukuran kecil yang memiliki warna dan jenis yang beraneka ragam dan penuh pesona. Ikan yang habitat aslinya berada di rawa ini memiliki peluang bisnis yang bagus, selain itu juga sangat mudah berkembang biak.

CARA BUDIDAYA BERBAGAI JENIS IKAN CUPANG

Banyak kalangan yang menyukai ikan cupang, dari anak kecil sampai orang dewasa banyak yang hobi memelihara ikan cupang, tidak heran jika ikan cupang jenis tertentu dihargai hingga jutaan rupiah. Selain untuk hiasan, ikan cupang sering dijadikan media taruhan, terutama ikan cupang jenis bagan yang biasanya diadu. Nama bagan diambil dari nama Kota Bagan Siapi Api di Sumatera Utara, karena memang cupang ini berasal dari sana.




  1. Cupang Halfmoon Ikan yang mirip burung merak ini, adalah halfmoon, atau setengah bulan. Sirip nya bisa mengembang sampai setengah lingkaran. Cupang ini yang mendatangkan banyak rejeki. Baik warna, sirip dan ekornya sangat memikat. Half moon adalah cupang asal Thailand. Kurun waktu sepuluh tahun ke belakang ikan ini merambah pasaran Indonesia. Kemampuan sirip bisa mengembang hingga seratus delapan puluh derajat.


  2. Cupang Serit
    Ikan cupang serit memiliki ciri sirip bergerigi dan menjuntai panjang mirip sisir. Cupang ini berasal dari perairan Indonesia. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, bila kualitasnya ekspor.


  3. Cupang Plakat
    Plakat bentuknya hampir sama dengan tipe petarung. Namun bila amarahnya terusik, tipe plakat ini akan mengembangkan siripnya hingga tegak melebihi 180 derajat, inilah yang membedakan dengan cupang petarung.


CARA MENGAWINKAN IKAN CUPANG

Jikan adna ingin mengawinkan ikan cupang, pastikan anda sudah memastikan ikan cupang btina dan jantan yang anda pilih adalah yang terbaik, karena hal ini yang akn menentukan kualitas biit ikan cupang yang akan dihasilkan. Jika sudah, mari kita pelajari tentang bagaimana mengawinkan ikan cupang,Langkang-langkah mengawinkan ikan cupang :
  • Pilihlah indik jantan dan betina yang agresif dan aktif
  • Pisahkan antara induk betina dan indik jantan, dan diberi makan yang cukup selama 5-6 hari.
  • Masukkan masing-masing induk ikan cupang kedalam satu wadah yang telah diberi tanaman tempat bertelur seperti enceng gondok
  • Biarkan sampai 3-4 hari, telur akan menempel pada daun
  • Pindahkan induk cupang betina dan beri makan secukupnya
  • Setelah telur menetas, jangan diberi makan sampai 2-3 hari
  • Kemudian selama 2-3 hari selanjutnya anak-anak ikan cupang tersebut dapat diberi makan infosuria

  • Ciri ciri ikan cupang jantan siap kawin ialah,sudah membuat buih dan busa.
  • Ciri ciri ikan cupang betina siap kawin adalah sudah muncul titik putih d bawah perutnya.






(sumber: indonesiabondowoso)



ads

TAGS: