KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BUAH PEPAYA BAGI KESEHATAN TUBUH

Buah Pepaya - Taukah anda buah yang satu ini, atau malah sering memakannya, buah yang mempunyai nama latin carica papaya ini mengandung banyak sekali vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah Pepaya selain rasanya yang manis juga banyak sekali kandungan gizi ini mudah sekali untuk kita dapatkan di sekitaran tempat tinggal saya ataupun di pasar juga banyak sekali terdapat buah ini, dan harganya pun terjangkau atau bahkan murah. bagi yang mau maen kerumah saya di tempat saya banyak sekali buah ini.


Kandungan Gizi Buah Pepaya

  1. Kandungan Gizi
    Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, misalnya, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker.
    Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya dari buah apel.
  2. Kandungan Enzim Papain
  • Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein.
  • Enzim papain pun berkhasiat sebagai obat perut seperti diare, sakit maag dan sembelit.
  • Papain berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh.
  • Enzim papain mampu memecah serat-serat daging, sehingga daging lebih mudah dicerna. Tidak heran bila pepaya sering dijadikan bahan pengempuk daging, terutama untuk pembuatan sate atau masakan semur.
  • Enzim Papain terbentuk di seluruh bagian buah, baik kulit, daging buah, maupun bijinya. Jadi sebaiknya pepaya dimanfaatkan secara seutuhnya.
    4. Kadar protein dalam buah pepaya memang tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah. Tapi jumlah yang sedikit ini hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Hal ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya yang mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri. Selain itu buah pepaya juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.




ads

TAGS: