KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT TEBU UNTUK KESEHATAN

Kandungan Gizi dan Manfaat Tebu untuk Kesehatan - Seperti yang telah banyak orang ketahui kalau tebu adalah tanaman yang berasa sangat manis, saking manisnya tebu menjadi bahan pembuatan gula putih. Pohon tebu memang terlihat seperti rumput alas, tetapi dibalik kesederhanaan pohon tebu ternyata mempunyai banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan manusia. Bagi anda yang hidup dikota jangan khawatir tidak bisa menikmati alaminya tebu karena sekarang ini banyak penjual es tebu yang disajikan dalam segelas cangkir yang rasanya pun masih terasa alami tebu. Tetapi kali ini saya bukan mau membahas tentang resep minuman tebu yhaa :) tapi dalam artikel ini mebahas tentang kandungan gizi dan manfaat tebu untuk kesehatan, berikut penjelsaannya :

Kandungan Gizi Tebu

Nama Bahan Makanan : Tebu Terubuk
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Tebu Terubuk yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Tebu Terubuk yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 20 %
Jumlah Kandungan Energi Tebu Terubuk = 25 kkal
Jumlah Kandungan Protein Tebu Terubuk = 4,6 gr
Jumlah Kandungan Lemak Tebu Terubuk = 0,4 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Tebu Terubuk = 3 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Tebu Terubuk = 40 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Tebu Terubuk = 80 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Tebu Terubuk = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Tebu Terubuk = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tebu Terubuk = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Tebu Terubuk = 50 mg

Klasifikasi Tanaman Tebu

  • Kingdom : Plantae (tumbuhan)
  • Sub Kingdom : Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Liliopsida (berkeping satu /monokotil)
  • Sub Kelas : Commelinidae
  • Ordo : Poales
  • Famili : Graminae atau Poaceae (suku rumput-rumputan)
  • Genus : Saccharum
  • Spesies : Saccharum officinarum Linn

Manfaat Tebu untuk Kesehatan

  1. Mencegah StrokeDengan mengonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.
  2. Menguatkan Gusi dan Gigi
    Cairan yang ada di buah tebu dapat membuat gusi dan juga gigi anda menjadi kuat, caranya dengan meminum air tebu murni yang sudah dicampir air jeruk nipis dan juga garam.
  3. Mengobati Mimisan
    Potonglah bagian tebu yang paling ujung setelah itu rebus dengan air secukupnya, campurkan garam dan juga gula jawa. Jika sudah mendingin saring airnya dan minumlah.
  4. Mengobati Masuk Angin
    Ambil sekitar tiga helai daun tebu, rebuslah hingga mendidih dan minumlah apabila anda rebusan tersebut sudah mendingin, lakukan secara rutin yaitu tiga kali sehari.
  5. Melawan Kanker Payudara
    Kandungan yang berada pada buah tebu merupakan sifat alkali yang dapat membantu untuk mengatasi kanker payudara dan juga prostat dengan cara mengonsumsi secara periodik air tebu murni.
  6. Baik Untuk Penderita Diabetes
    Tebu itu sehat bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami. Ini adalah alternatif yang lebih baik untuk gula mentah atau pemanis buatan. Jadi, jika Anda dalam program diet penurunan berat badan atau diabetes, minumlah jus tebu. Manfaat jus ini juga mampu menjaga kadar glukosa darah seimbang.
  7. Menyembuhkan Pilek dan Sakit Tenggorokan
    Jika Anda berpikir jus tebu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan atau pilek, maka Anda salah. Air tebu justru membantu menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan flu.
  8. Meredakan jantung Berdebar
    Caranya : Rebus 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.
  9. Meredakan Panas Tubuh
    Caranya : Minum air perasan tebu hitam secukupnya, air tebu hitam dapat membantu menurunkan suhu badan kita.
  10. Mengobati Batuk
    Caranya : Peras 5 ruas tebu hitam dan minum airnya.
  11. Mengobati penyakit kuning
    Jus tebu adalah obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning. Jaundice adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membran yang disebabkan oleh adanya billirubin dalam darah. Hati yang kurang berfungsi dan saluran empedu yang terblokir adalah penyebab penyakit kuning. Untuk mempercepat pemulihan, minumlah dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.
  12. Obat Infeksi
    Beberapa infeksi seperti dysuira, infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual dan peradangan pada perut (saluran pencernaan) atau jantung dapat disembuhkan dengan segelas jus tebu.
  13. Obat Batu ginjal
    Ini adalah salah satu khasiat yang paling efektif dari jus tebu. Batu ginjal biasanya terbentuk karena dehidrasi dan minum air putih yang banyak bisa membantu memecah batu di ginjal. Minum banyak cairan dan jus tebu juga ampuh memecah batu atau melarutkannya.
  14. Rehidrasi
    Banyak orang tidak cukup minum air dan menderita dehidrasi. Untuk mempertahankan air dalam tubuh, minumlah jus tebu. Bahkan selama musim panas, Anda dapat mendinginkan panas tubuh dengan meminum segelas tebu secara teratur.



ads

TAGS: