Cara Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah

Cara Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah - Bagi teman teman yang ingin memelihara lebah madu sebenarnya tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama. namun lebah ini tergantung dari kondisi lingkungan yang memadai. ternak lebah madu yang di jalani oleh kakak saya sudah berjalan sekitar 10 tahun lebih, lebah lebah yang tinggal di kotak kotak kecil di sandingkan berjejer di samping rumah di bawah pohon kopi coklat. kotak kotak yang berisi satu kerajaan lebah ini jika kita biarkan saja di akan semakin banyak dan kita harus rutin untuk melihat sudah banyak atau belum kah anakan anakan lebah yang ada di dalamnya. setiap kotak lebah mempunyai satu ratu yang memimpin lebah satu kotak tersebut, jika ratunya ada dua dia akan berpisah menjadi dua kubu. kotak kotak yang ada di samping rumah saya seperti di bawah ini :


Cara Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah

Kotak kotak seperti ini di buat dengan papan papan dari pohon waru kalau ada, selain waru pohon sengon juga bagus, karena kotak sangat mempengaruhi kenyamanan lebah yang tinggal di dalamnya. dan suhu lingkungan harus di perhatikan karena lebah tidak suka dengan tempat yang panas dan banyak asap. ternak lebah madu ini tidak mengeluarkan biaya untuk makanan sehari harinya. kita cukup menanam bunga bunga di sekitaran ternak ini, lebih bagus lagai kalau pekarang rumah kita dekat dengan kebun kebun yang banyak menghasilkan bunga, seperti kebun kopi dan lain sebagainya, karena itu sangat mempengaruhi madu yang akan di hasilkan. hasil madu dari setiap kotak lebah tidak bisa di targetkan karena lebah sangat tergantung dengan musim yang sedang terjadi dan bunga bunga yang ada di sekitarnya. walaupun lebah ini sangat luas jangkaunya untuk mencari makananya. bunga bunga yang disukai oleh lebah madu adalah :

  • bunga kopi,
  • bunga randu
  • bunga kaliandra
  • kelapa sawit
  • kayu sono
  • kayu puspa
  • mangga
  • bunga kangkung
  • bunga tembakau
  • bunga karet
  • bunga rambutan
  • bunga marenggo
  • bunga akasia
  • bunga klengkeng
  • bunga mangga  dan lainnya yang memiliki nektar ataupun pollen seperti bunga jagung,dan bunga palm

Ada banyak cara untuk ternak lebah madu sebenarnya, kalau cara yang ada di atas adalah cara cara yang sangat alamiah dan tidak ada tekniknya sama sekali. di bawah ini akan di uraikan tentang bagaimana cara mengembangkan lebah dari pemilihan bibit lebah yang bagus, penggembalaan lebah madu. cara cara ternak lebah madu di bawah ini saya ambil dari sahabat blogger yang sudah menjelaskan banyak sekali rule rule yang harus di lalui.


Ternak Lebah Madu


Demikianlah ulasan tentang cara ternak lebah madu yang bisa kita mulai dari sekarang.


  1. Persiapkan kotaknya terlebih dahulu.
  2. Kotak bagian atas terbuka.
  3. Tutup kotak terbuat dari kayu,tidak di paku.
  4. Ambil tutup kotak.Taruh di bagian atas dari koloni lebah.
  5. Tempelkan telapak tangan untuk menggiring perlahan, shg koloni berpindah dan menggantung ke tutup kotak.
  6. Sambil meggiring, cari lebah ratu. Bentuknya paling besar dan paling panjang.berwarna kuning muda seperti lebah yang baru menetas.
  7. Ambil ratu dan potong sayapnya shg sulit terbang,jika ratu terbang akan di ikuti oleh semua lebah yang ada.
  8. Setelah sayap dipotong,jangan sampai ratu tsb jatuh ke tanah karena disamping takut terinjak atau di mangsa hewan lain, lebah pekerja tak akan ikut ratu yang berada di permukaan tanah. Bahkan ratu akan di tinggal.Lalu akan membuat ratu baru.
  9. Jangan takut di sengat ratu lebah.karena semua lebah akan mati setelah menyengat.Makanya ratu tak akan menyengat. Dan ratu pasti tak ingin mati, karena hanya ratu saja yang mempunyai tugas bertelur terus dan tak mati setelahnya. Lebah pekerja bisa bertelur, tapi setelah satu kali bertelur ia akan mati, maka lebah pekerja pasti tak akan berani bertelur jika tak terpaksa.misalnya ratu mati.
  10. Cari terus sampai ratu benar2 didapatkan.posisikan koloni berada di atas untuk mempermudah mencari ratu.
  11. Pindah kekotak setelah ratu sudah aman.bila perlu ratu di ikat dg benang kecil atau buatkan kurungan sebesar kotak korek api dengan kawat nyamuk.
  12. Hiraukan sementara lebah yang beterbangan kesana kemari.setelah salah satu lebah mengetahui posisi ratunya, maka tak berapa lama lebah2 akan mengumpul mengerumuni ratu.
Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara ternak lebah madu, semoga bermanfaat  dan selamat mencobanya... (^_')



ads

TAGS: