Ciri Ciri Ayam Bangkok Laga

Ciri Ciri Ayam Bangkok Laga - Jumpa lagi disini kali kita akan membahas bagaimana ciri ciri ayam bangkok yang bagus untuk laga ataupun untuk di peranakkan. jago ayam bangkok memang sering di jadikan ayam laga, ayam bangkok bisa kita pilih berdasarkan ciri ciri dari seluruh bagian tubuhnya. setiap fisik ayam bangkok "kepala hingga kaki" mengarah kepada prediksi kekuatan ayam tersebut dan daya tahan maupun gaya tarung maupun mental dari ayam tersebut.  Ayam Aduan merupakan jenis ayam jago jantan yang memiliki ciri fisik dan karakteristik yang cocok untuk tarung, sabung, aduan maupun laga.  beberapa kriteria ini bisa kita ketahui dari beberapa ciri dari bagiannya tubuhnya yang mungkin ini sangat sulit bagi yang belum terbiasa dan belum berpengalaman.artikel ini mengambil referensi dari beberapa buku dan situs ayam-bangkok-com.blogspot yang membahas ayam bangkok.

Ciri Ciri dan Istilah Ayam Bangkok Aduan

Ayam Bangkok 
Sebutan Lokal di daerah indonesia untuk jenis ayam yang berasal dari negara thailand yang dulunnya bernama siam dengan ibukota bernama bangkok. ayam bangkok ini pun memiliki karakter dan insting untuk menjadi ayam laga. karena itu ayam bangkok juga identik dengan nama ayam aduan, ayam petarung maupun ayam laga. 
Ciri Ciri ayam bangkok laga yang bagus 
Ideal, unggul atau berkualitas merupakan ciri ciri ayam bagkok yang memenuhi syarat untuk menjadi ayam aduan unggul sehingga lebih perpeluang menjadi ayam bangkok juara di arena ayam laga atau arena sabung ayam. mengenai karakteristik atau ciri ciri ayam bangkok memang sulit untuk mengenalinya makhluk hidup lainnya, sehingga artikel ciri ciri ayam bangkok aduan ini bersifat umum. karena ada sebagaian kecil ayam bangkok tanpa tampak ciri ciri yang menunjukkan bagus namun faktannya di lapangan/kalangan ayam tersebut sangat bagus diluar dugaan. 
Ayam bangkok mempunnyai warna bulu yang berpengaruh terhadap penampilan ayam bangkok bahkan bisa mempengaruhi mental lalwannya. beberapa corak warna bulu ayam menurut kelasnya ini saya ambl dari paparaji.forumotion yang telah membahas ini sebelumnya. warna warna di bawah ini merupakan warna utama dalam persilangan lebih lanjut bisa saja masing masing warna memiliki varian yang beragam. sebagaian para pemelihara ayam menganggap warna sebagai standar kualitas ayam tersebut. karena dalam peranakan dan penjualan warna merupakan peranan yang sangat diperhatikan bagi para penghobi ayam. 
Wiring Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer dan berkelas adalah warna wiring kuning. Corak warna wiring adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan. Jika warna rawis yang dominan adalah kuningkeemasan dan memiliki kaki dan paruh berwarna kuning maka disebut sebagai wiring kuning. Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut wiring galih.
Taduang/hitamBulu ayam bangkok yang berkelas setelah wiring adalah taduang/hitam, rawis dan bulu hias juga hitam.Kalau paruh,kaki dan mata juga hitam maka disebut sipatuang rimbo.Ayam sipatuang rimbo ini memiliki keistimewaan atau tuah yang akan kita bahas nantinya.
Bangkeh berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam bangkeh memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut bangkeh emas dan jika warna bulu lebih gelap kemerahan disebut dengan bangkeh api.
Kanso/klabu Warna kanso memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan kanso monyet dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut kanso api.
Kuriak/Jali Warna kuriak adalah warna yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam catatan ada garis-garis kecil.Atau campuran beberapa warna dimana setiap helai bulunya bergaris-garis kecil.Seperti hitam-putih-hitam-putih ada juga abu-abu-putih abu-abu-putih dan begitu juga warna yang lainnya. Jarang ayam bangkok yang berwarna jali. Ada orang tertentu yang sangat memburu bangkok asli dengan warna ini karena kelangkaannya dan berkesan eksotis.
Kinantan/putihWarna putih kinantan adalah warna bulu putih.rawis dan bulu hias juga putih ditambah sisik dan mata juga putih.ayam warna ini memiliki tuah/keistimewaan dari ayam yang lain. Ada juga warna putih usu adalah warna bulu putih semua termasuk bulu hias dan bulu rawis,kaki berwarna kuning dan paruh berwarna putih.warna usu ini juga punya keistimewaan ,kita bahas pada bab berikutnya.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Laga

Selain warna ada ciri ciri ayam bangkok aduan yang berkualitas bagus yang ada di bawah ini :

  • Selain bertulang kokoh dan rapat,ayam aduan kalau berdiri tegak. Ayam seperti ini kalau berkelahi kepalanya tegak keatas untuk mematuk kepala lawan dan mempunyai kekuatan mendorong yang besar waktu berkelahi.
  • Mempunyai kepak sayap yang rapat kebadan,sehingga waktu berkelahi kepala lawan susah masuk kesela-sela sayap dan pukulan lawan juga sulit masuk ke kepak sayap ayam,memiliki bulu sayap dan ekor yang lengkap.
  • Mempunyai sisik kaki yang kering dan keras. Sewaktu adu pukulan, ayam takkan merasa sakit dan memiliki ruas tulang leher yang rapat.
  • Mempunyai jari kaki yang kecil dan panjang.Ayam seperti ini mempunyai pukulan yang menyakitkan.
  • Mempunyai kaki yang pipih,dimana bagian samping lebih lebar dari bagian kaki depannya.Ayam seperti ini memiliki pukulan yang mematikan.
  • Mempunyai tulang sapit udang/tulang kloaka yang rapat dan keras.Kalau rapat ayam rajin melakukan pukulan dan memiliki napas yang lebih panjang.Semakin keras tulang kloaka/sapit udang semakin keras pula pukulan yang dimilikinya.
  • Memiliki kepala seperti buah pinang dan bulu yang tebal.Kepala seperti ini mempuyai kelincahan mematuk lawan.Dan bulu yang tebal berfungsi untuk menahan pukulan yang diterima.
  • Memiliki pukulan menyilang atau menggunting.Ayam seperti ini mampu mematahkan leher lawannya.Ayam ini kalau hendak memukul posisi kakinya tidak sejajar,posisi kakinya seperti hendak melangkah.
  • Mempunyai kaki yang besar pada pergelangan kaki.Kaki dari lutut sampai kepergelangan kaki makin besar.Ayam seperti ini memiliki pukulan yang keras.
  • Untuk ayam pukul pilih ayam yang memiliki pergelangan kaki yang besar sedangkan untuk ayam taji pilih ayam yang memilki pergelangan kaki kecil atau sedang.
Demikianlah ulasan tentang ayam bangkok laga, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang menggandrungi hobi ini, dan baca juga untuk perawatan ayam bangkok anda dengan memebrikan jamu ayam bangkok



ads

TAGS: