KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BUAH SALAK

Buah Salak - Siapa yang belum pernah merasakan buah yang satu ini, buah yang mempunyai rasa yang enak kalau sudah matang, buah ini banyak terdapat di pekarang rumah saya waktu dulu, namun sekarang sudah tidak ada lagi, karena sudah di habiskan oleh bapak saya, karena pohon yang berduri, jadi di bunuh. lain halnya dengan buah pisang yang masih tetap ada sampai sekarang. buah salak memiliki pohon yang banyak sekali durinya dan berbahaya kalau terkena durinya.

Buah yang mempunyai nama latin (Salacca Edulis). Buah salak mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi seperti kalsium, flavonoida, saponin, dan tanin. Dalam setiap 100 gr buah salak mengandung Kalori (77 kal), Protein (0,40 g), Karbohidrat (20,9 g), Kalsium (28 mg), Fosfor (18 mg), Zat besi(4,2 mg), Vitamin B (0,04 mg), Vitamin C (2 mg) dan Air (780 mg) dengan jumlah bagian yang bisa dimakan hanya 50%.


Kandungan  Gizi dan Manfaat Buah Salak



  • Meningkatkan Kinerja Otak
    Berdasarkan pada kandungan gizi yang cukup lengkap tersebut, maka tidak mengherankan jika buah salak memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi salah satunya adalah meningkatkan kinerja otak sehingga tidak heran jika buah salah dapat meningkatkan kepintaran seseorang, berdasarkan penelitian juga bahwa  meningkatnya kinerja otak tersebut dikarenakan adanya kandungan potassium dan pektin. Dimana potassium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO) sebagai pengendali detak jantung dan meningkatkan fungsi otak untuk mengatur kecerdasan sesorang yang mengkonsumsinya, selain itu berdasarkan hasil penelitian lain yang juga telah dipublikasikan pada jurnal “Integrative Cancer Therapies” diketahui bahwa kandungan pektin pada salak berpotensi mencegah dan mengobati kanker prostat, dimana kandungan pektin ini menghambat reproduksi sel kanker serta menurunkan risiko apoptosis.
  • Baik Untuk Kesehatan Mata
    Ternyata buah salak juga mengandung betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Berdasarkan penelitian pada buah salak ternyata kandungan betakarotennya lebih besar 5,5 kali lebih besar dari buah mangga, dan 5 kali lebih besar dari buah semangka. Jadi untuk mempertajam penglihatan Anda tidak selalu harus mengkonsumsi jus wortel, dengan membuat jus salak pun merupakan alternatif lain untuk mata Anda.

  • Mencegah Sembelit
    Selain berfungsi untuk mengobati mencret karena diperkaya antitanin dan muncul mitos yang menyebutkan bahwa jika mengkonsumsi buah salak dapat mengakibatkan susah BAB, maka mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena menurut F.X. Wahyurin Mitano, seorang ahli gizi dari RSUD dr Soetomo, ketika Anda mengonsumsi buah salak maka jangan membuang kulit arinya,
    karena dalam kulit ari itulah terdapat kandungan serat yang dapat mengurangi kemungkinan mengalami sembelit setelah mengonsumsi buah salak seperti halnya saat Anda mengkonsumsi kulit ari pada buah jeruk.
  • Membantu Progran Diet
    Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan anda untuk makan porsi yang lebih besar. Buah salak baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.
Demikianlah ulasan tentang buah salak, baca juga tentang kandungan gizi pada buah apel.



ads

TAGS: